Artikel
Cara Mengecat Tembok Lama yang Benar

Cara Mengecat Tembok Lama yang Benar

Cara mengecat tembok lama dasarnya memang hanya butuh kesiapan, ketelitian, dan kesabaran. Meskipun disebut dasar, tiga hal tersebut perlu dilakukan dengan teknik yang benar, seperti berikut ini.

Persiapan Cara Mengecat Tembok Lama

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud persiapan di sini belum berarti mempersiapkan bahan untuk mengecat. Persiapan pertama yang harus dilakukan sebelum mewarnai tembok rumah lama adalah mengamati keadaannya.

Pastikan tidak ada keretakan pada tembok, jika ada, Anda bisa meratakan tembok terlebih dahulu dengan semen ataupun dempul. Supaya makin rata, Anda bisa gunakan amplas agar tembok makin halus dan cat menempel sempurna.

Selain memastikan kerataan dinding, cat sebelumnya juga bisa Anda amplas terlebih dulu, terlebih jika warna baru tidak sama dengan sebelumnya. Hal itu dilakukan guna menjadikan pewarna dinding tampak halus setelah diterapkan cat.

Selain menggunakan amplas, jika cat sebelumnya mudah dibersihkan dengan air, Anda bisa gunakan spons selulosa besar larutan pencuci piring. Kemudian, bersihkan dinding supaya debu, kotoran, hingga lemak tidak tertutupi pewarna tembok dan menampilkan hasil pengecatan yang kurang maksimal.

Bahan dan Alat Mengecat Tembok

Menyiapkan Alat dan Bahan

Apabila dinding sudah siap diwarnai ulang, Anda harus menyiapkan alat dan bahan sebelum mempraktikkan cara mengecat tembok lama. Di antaranya adalah cat tembok, roller, kuas, amplas, paint remover, deterjen, kaleng air, lakban, koran, dempul, hingga tangga.

Alat dan bahan tadi merupakan barang penting yang bisa membantu Anda mengecat rumah dengan baik. Selain barang-barang tersebut, Anda bisa menambah barang lain yang dirasa perlu.

Menutupi Bagian Tembok yang Tidak Ingin Dicat

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan hasil maksimal saat mengecat dinding rumah lama adalah memastikan bagian yang tidak akan dicat tertutupi. Anda bisa menutupi bagian tersebut dengan koran dan lakban, sementara untuk perabotan, sebaiknya pindahkan terlebih dahulu.

Baca Juga : Jasa Pengecatan Epoxy Lantai

Mulailah dengan Cat Primer

Sebelum mengecat dengan warna yang diinginkan, dinding sebaiknya diolesi cat primer terlebih dulu guna menghasilkan tampilan yang lebih indah. Selain itu, penggunaan primer juga bisa meminimalkan jumlah pemakaian cat.

Cat Tembok Rumah Dengan Rapih

Pastikan untuk mengoles tembok dengan primer serata dan serapi mungkin. Dengan begitu, Anda bisa lanjut ke cara mengecat tembok lama selanjutnya.

Selain menggunakan primer, Anda bisa memilih cat dasar berwarna putih untuk memastikan warna berikutnya tidak menumpuk dengan warna sebelumnya. Selain itu, pemakaian warna putih sebelum mengecat juga akan membantu cat berikutnya tertempel dengan baik di dinding.

Menyiapkan Cat Dinding

Setelah persiapan mengecat tembok sebelumnya, Anda bisa mengaduk pewarna dinding terlebih dulu agar tidak ada gumpalan. Selanjutnya, tuangkan cat dinding ke wadah agar bisa dengan mudah mengoleskannya ke media dan lakukan pengadukan sekali lagi.

Untuk memastikan cat benar-benar siap menempel di dinding, gunakan water base atau solvent sebagai campuran pewarna tembok. Jika terlanjur lupa dengan barang tersebut, Anda bisa menggunakan air sebagai alternatif campuran cat.

Pastikan kadar water base, solvent, ataupun air biasa yang dipakai untuk campuran berjumlah 10 persen dari banyaknya cat. Lebih lanjut, Anda bisa mulai mengecat.

Gunakan Kuas Tangan di Bagian Presisi

Untuk bagian-bagian yang butuh ketelitian, seperti sisi sakelar lampu, Anda bisa gunakan kuas tangan untuk mewarnainya. Karena sudah diberikan cover, Anda tidak perlu khawatir jika cat yang dioleskan sedikit melewati batas.

Gunakan Kuas Tangan di Bagian Presisi

Namun, sebaiknya selalu pastikan untuk teliti dan sabar mewarnai bagian-bagian tersebut. Sebab, jika terlalu banyak terkena pewarna, cover bisa jadi menyerap cat dan mengotori bagian yang tidak ingin diwarnai.

Jika bagian-bagian kecil sudah selesai, selanjutnya Anda bisa gunakan roller untuk mewarnai bagian tembok yang luas. Mulailah dengan teknik zig-zag dan tidak mewarnai secara asal-asalan. Anda bisa menggunakan cara mengecat tembok lama dengan arah dari atas ke bawah atau sebaliknya. Pastikan untuk selalu melakukan hal yang sama berulang dan tidak mengganti dengan arah lainnya.

Beri Sentuhan Akhir Setelah Cat Mengering

Jika semua langkah tadi sudah dilakukan dengan baik dan teliti, Anda bisa menunggu keadaan tembok hingga mengering dan memastikan hasilnya. Sebelumnya, lihat kembali bagian-bagian yang telah dicat untuk memastikan tidak ada gumpalan warna ataupun kotoran di dalam pewarna.

Jika dirasa tidak ada yang perlu diperbaiki, Anda bisa meninggalkan ruangan hingga cat mengering. Setelah dipastikan benar-benar kering, buka penutup yang sebelumnya dipasang di area-area tertentu dan pastikan kebersihannya.

Apabila terdapat cat yang menempel, Anda bisa membersihkannya secara teliti. Sama seperti ketelitian dan kesabaran yang diperlukan saat mengecat, Anda juga perlu dua hal itu saat merapikan ruang kembali.

Jasa Pengecatan Rumah atau Gedung Termurah

Apabila cara mengecat tembok lama di atas dirasa menyulitkan, Anda bisa memilih jasa pengecatan rumah atau gedung termurah. Bumi Adi Citra menyediakan layanan jasa pengecatan gedung atau rumah dengan harga yang ramah.

Bukan hanya rumah atau rumah, Anda juga bisa memesan jasanya untuk proyek pengecatan ruko, apartemen, dan bangunan sebagainya. Bumi Adi Citra bisa Anda hubungi untuk mengonsultasikan apa-apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan mengecat rumah.

Untuk harga, konsumen tidak perlu khawatir, sebab penyedia jasa pengecatan rumah atau gedung ini memberikan penawaran harga yang kompetitif. Dengan para ahli yang sangat memahami cara mengecat tembok lama paling baik, Anda bisa mendapatkan hasil akhir maksimal.

Selain memiliki para pekerja profesional, staf di Bumi Adi Citra juga merupakan orang-orang yang berpengalaman. Perusahaan yang telah ada sejak tahun 20 tahun lalu sehingga kualitas jasa yang maksimal dengan harga terjangkau sangat terjamin. Jadi, lupakan cara mengecat tembok lama yang sulit dan butuh ketelitian dan serahkan pekerjaan tersebut pada ahlinya, yaitu Bumi Adi Citra.

 

Butuh Informasi dan Konsultasi ?

Telp : 0811-888-5771 | sales@bumiadicitra.co.id | Chat di Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *