Artikel
Waterproofing Membrane Bakar Berkualitas

Waterproofing Membrane Bakar Berkualitas

Banyak orang belum mengetahui tentang waterproofing membrane bakar, sebagian besar yang mengetahuinya adalah pekerja konstruksi atau penjual bahan material. Membrane bakar sering diaplikasikan dalam berbagai macam konstruksi bangunan, seperti gedung bertingkat, balkon teras, dan lainnya.

Mengenal Membrane Bakar

Membrane bakar merupakan salah satu jenis waterproofing membrane bakar yang berbentuk lembaran. Namun, bahan dari membrane bakar yaitu aspal yang dicampurkan dengan bahan penguat dan polyester. Berbeda dengan waterproofing seperti aquaproof, yang dioleskan ke dinding dengan metode pengecatan. Seperti namanya, membran bakar diaplikasikan dengan cara dibakar.

Biasanya, waterproofing yang menggunakan membran bakar ada di sekitar pondasi atau basement dinding. Selain itu, membrane bakar juga diterapkan pada atap beton, dak beton, serta kamar mandi. Secara umum, fungsi membran bakar yaitu mencegah terjadinya kebocoran di atap beton karena keretakan. Membrane bakar juga bisa mencegah pumping yang dapat terjadi pada sambungan jalan beton.

Jenis-jenis Membrane Bakar

Berkaitan dengan pengerjaan waterproofing membrane bakar, terdapat beberapa jenis membrane bakar yang biasa dipakai dalam konstruksi. Pertama, membrane plain yang memiliki ketebalan 2 mm, dan terbuat dari polymer surfaced.

Membrane plain biasa diaplikasikan untuk dak,talang, atap, dinding basement, dan toilet. Kedua, membrane sand dengan tebal 3 mm, dan berasal dari sand surfaced.

Adapun, penerapan membran sand diperuntukkan ke dinding basement, toilet, dak, dan atap. Ketiga, membrane mineral yang terdiri dari granule surfaced, serta ketebalan 3 mm, pengaplikasiannya khusus untuk atap, talang, dan dak.

Keempat, membrane swimming pool yang terbuat dari sand atau polymer surfaced, dengan ketebalan 4 mm. Biasanya, membrane swimming pool dikhususkan bagi kolam renang dan tangki air.

Baca Juga : Spesialis Jasa Waterproofing Coating Dak Bangunan

Cara Memasang Membrane Bakar

Meskipun pemasangannya terbilang mudah, terdapat langkah- langkah pemasangan waterproofing membrane bakar, sebagai berikut.

Memeriksa Permukaan Beton

Membersihkan struktur beton yang akan dilapisi membrane bakar, untuk memastikan tiada debu menempel. Pekerja juga mengecek apakah permukaan beton sudah rata dan tidak berlubang.

Jika permukaan beton belum rata dan ditemukan lubang, maka harus dilakukan tindakan perbaikan, sebelum beton diaplikasikan membrane bakar.

Sudut Dirombak

Perombakan ini bertujuan mengubah sudut yang awalnya menyiku menjadi bentuk segitiga. Sementara, pinggulan segitiga dibuat sebagai tempat pengisi.

Primer Coating

Selanjutnya gunakan primer coating pada permukaan beton sampai merata dan seluruh permukaannya tertutupi. Lapisan cair ini diaplikasikan menggunakan kuas atau alat semprot.  Lapisan primer harus dibiarkan kurang lebih satu jam, ketika matahari sedang terik.

Bentangkan Lembaran Membrane Bakar

Lembaran-lembaran membrane bakar mulai dibentangkan pada permukaan beton yang telah dilapisi coating primer. Pembentangan dilakukan sedikit demi sedikit, sambil dibakar dengan heating torch, agar membrane terpasang sempurna.

Merapikan Sambungan

Agar seluruh area tertutupi, maka dilakukan penyambungan dengan memberikan overlapping sebanyak 10 cm. Hal ini bertujuan untuk mencegah air yang bisa masuk di antara celah sambungan.

Pemeriksaan

Setelahnya, Anda dapat memeriksa permukaan beton yang telah dilapisi membrane bakar, dengan merendamnya di air pada ketinggian tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya titik yang berpotensi bocor.

Dilapisi dengan Pelindung UV

Membran bakar akan dilapisi dengan screed penutup yang mempunyai kawat dengan tebal 2-3 cm, Karena, material membran bakar sangat sensitif dengan sinar ultraviolet, sehingga harus dilapisi lapisan pelindung UV.

Keunggulan Membran Bakar

Waterproofing membrane bakar memiliki keunggulan tersendiri, sehingga material ini dinilai cocok mencegah kebocoran ketika terjadi hujan deras. Membrane bakar merupakan material yang kuat dan tahan lama, sehingga mampu menghadapi cuaca ekstrem dan kelembaban tinggi.

Material yang satu ini juga mampu menahan terpaan garam dan bahan kimia. Selain itu, fleksibel terhadap suhu rendah serta kuat menghadapi paparan sinar matahari.

Kelenturan material dan kestabilan dimensi yang baik, menjadikan membrane bakar tidak mudah robek dan tahan menghadapi tekanan. Membrane bakar mampu menerima benturan mekanik serta menghadapi gesekan keras.

Pengaplikasian membrane bakar juga cukup fleksibel, karena bisa di berbagai tempat, baik terbuka atau tertutup. Selain itu, material ini dapat diaplikasikan secara mudah dan cepat di lokasi yang luas.

Kemampuan beradaptasi membrane bakar juga baik, karena bisa beradaptasi pada pergerakan, retak, serta penyusutan dari beton.

Jasa Membrane Bakar Berkualitas

Percayakan pengerjaan proyek waterproofing Anda melalui PT. Bumi Adi Citra, karena perusahaan ini telah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Material yang digunakan dalam jasa membrane bakar berkualitas, terdiri dari campuran material waterproofing standar internasional.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga, karena PT. Bumi Adi Citra memberikan kualitas terbaik dengan harga waterproofing kompetitif. Selain itu, ada garansi selama tiga tahun yang diberikan kepada klien untuk pengerjaan waterproofing.

Jika Anda tertarik menggunakan jasa waterproofing membrane bakar dari PT. Bumi Adi Citra. Silakan kunjungi website www.bumiadicitra.co.id untuk mendapatkan lebih banyak informasi, dan penawaran terbaik.

 

Informasi Harga, Konsultasi & Survey Gratis:

Telp / Whatsapp : 0811-888-5771

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *